Home / burung / kenari / peternakan / Cara Ternak Kenari Dengan Mudah

Cara Ternak Kenari Dengan Mudah

Bagi anda para kicau mania tentunya tidak asing dengan salah satu jenis burung dengan perawakan sedang dan memiliki warna menarik yaitu burung kenari. Burung kenari adalah jenis burung yang banyak di pelihara oleh banyak orang, terutama para pecinta burung kicau.
Burung kenari ini pernah melejit di pasaran dengan kisaran harga minimal rp.800.000/ ekor, bahkan hingga puluhan juta tergantung dengan jenis burung. Melihat peluang yang sangat menjanjikan ini para penggemar burung kicau mencoba mencari informasi cara ternak kenari dengan harapan bisa memiliki banyak stok burung kenari untuk dijual. Tidak hanya para penggemar burung kicau saja yang tertarik dengan peluang yang menjanjikan ini, orang-orang di luar mereka juga mulai menggeluti bisnis ini.

Cara ternak kenari ini gampang-gampang susah, bagi mereka yang sudah terbiasa memilih burung akan sangat mudah mencari bibit yang bagus dan sehat. Namun bagi orang-orang awam yang belum terbiasa menggeluti dunia burung tentunya akan sangat sulit untuk menemukan bibit yang baik. Padahal bibit yang bagus akan sangat mempengaruhi kesuksesan usaha ternak anda, karena para pembeli biasanya akan memilih burung yang berperawakan bagus saja.

Cara ternak kenari dan tahapanya

Hal utama yang harus diperhatikan jika anda ingin beternak kenari adalah harus mengetahui dulu mana jenis burung kenari yang berkelamin jantan dan mana yang betina. Namun anda tidak perlu bingung, karena cara membedakannya tidak terlalu sulit. Jika kenari betina pada umur 1 bulan dipisahkan dari induknya, kenari betinanya belum berbunyi dan bentuknya lebih bulat dibandingkan dari yang jantan. Jika yang jantan, jika dipisah dari induknya pasti akan berbunyi dan bentuknya lebih ramping dan agak panjang. Untuk mengetahui usia burung kenari juga salah satu hal yang perlu diketahui. Karena jika anda mengetahui umurnya, anda akan lebih mudah dalam merawatnya. Ada hal lain lagi yang harus diperhatikan untuk cara ternak kenari.
Dalam usaha budidaya kenari juga perlu untuk kita memperhatikan tentang kesehatan kandang dan kondisinya. Ukuran sangkarnya jangan terlalu kecil agar burung tidak stres dan letak sangkar harus di tempat yang tepat. Letakkan sangkar jauh dari keramaian agar tidak mengganggu proses pengeraman telur pada kenari dewasa. Melakukan penjodohan juga perlu dilakukan untuk cara ternak kenari. Yang terakhir adalah anda harus mempersiapkan sangkar yang tepat untuk kenari betina mengerami telurnya. Untuk proses pengeramannya membutuhkan waktu 12 sampai 14 hari dan tergantung dengan kondisi cuaca dan suhu udara. Dan jangan lupa selalu perhatikan kesehatan burung kenari dan berikanlah suplemen agar tidak mudah sakit. Secara rutin mandikan dan jemur burung agar performa lebih prima. Itulah beberapa cara untuk beternak kenari, semoga bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.