Home / kambing / peternakan / Cara Ternak Kambing Potong Agar Hasil Maksimal

Cara Ternak Kambing Potong Agar Hasil Maksimal


Berternak kambing belakangan ini masih mendapat respon yang bagus di masyarakat, terutama ternak kambing potong. Kambing potong ini selain sebagai konsumsi juga memiliki tempat yang istimewa di pasaran. Apalagi dengan meningkatnya penduduk yang kini semakin banyak, tentunya konsumsi daging kambing akan ikut meningkat. Daya beli masyarakat juga masih terhitung tinggi, terutama saat hari raya idul adha, karena kambing potong atau pedaging ini sangat cocok untuk kurban. Jadi bagi anda yang ingin memulai usaha ternak kambing, tidak ada salahnya jika anda memulainya dengan budidaya kambing potong.

Berternak kambing pedaging atau kambing potong biasanya melalui beberapa tahapan agar usaha ternak memberi hasil yang maksimal. Dan dengan adanya tahapan-tahapan tersebut diharapkan kualitas dan kuantitas daging kambing mencapai batas yang ditargetkan oleh pemerintah. Karena belakangan ini masih banyak para peternak yang kurang memperhatikan tahapan-tahapan tersebut, sehingga banyak peternak gagal memperoleh hasil yang diharapkan. Jadi tahapan-tahapan atau cara ternak kambing potong benar-benar harus dijalankan dengan baik.



Cara ternak kambing potong

Tahap pertama dalam membudidaya kambing potong adalah tahap penggemukan. Dalam tahap ini usahakan anda mendapat bibit yang bagus, karena akan sangat mempengaruhi hasil dari tahap tersebut. Dan anda juga harus memberi pakan dengan teratur setiap harinya, anda bisa memberi pakan pada pukul 08.00 pagi dan sore pada pukul 15.00. Pakan kambing yang sudah difermentasi bisa menjadi solusi yang baik bagi ternak kambing potong anda. Dengan menggunakan pakan fermentasi, bobot dan kesehatan kambing akan terjamin.

Tahap yang kedua untuk ternak kambing potong yaitu teknis dalam membuat kandang. Bisanya kandang untuk jenis kambing ternak dibuat seperti panggung dan di bawah lantai kandang dibuatkan kolong sebagai tempat tampungan kotoran. Hal ini agar kambing tidak mudah terkena penyakit yang bisa mengakibatkan kematian. Untuk kambing yang masih anakan biasanya dibuatkan kandang dengan ukuran 1 x 1,2 m /2 ekor, sedangkan untuk jantan dewasa 1,2 x 1,2 m /ekor, betina dewasa 1 x 1,2 m /ekor, dan untuk kambing yang masih menyusui 1,5 x 1,5 m / induk + 2anak. Sehingga kambing akan nyaman, sehat dan cepat berbobot maksimal.

Description: ternak kambing potong masih memiliki peringkat tinggi di dunia peternakan. Karena ternak kambing jenis ini menjanjikan hasil yang besar jika di lakukan dengan baik dan benar.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.