Cara Ternak Jangkrik Untuk Para Pemula


Mungkin sebagian orang memang mengabaikan keberadaan jangkrik. Namun, bagi mereka yang mau memutar otak, hewan mungil ini dapat juga digunakan untuk meraup keuntungan yang besar. Jangkrik, banyak orang-orang di daerah wonosari yang menyantapnya sebagai lauk untuk mereka konsumsi setiap hari.
Pencinta jangkrik mengatakan bahwa kadar protein dalam jangkrik sangat tinggi sehingga tak ada salahnya jika anda menyantapnya sebagai camilan atau lauk. Dari situlah mungkin banyak orang yang berpikir bahwa ternak jangkrik adalah salah satu usaha yang cukup menguntungkan di zaman modern ini.


Jangan salah, prospek usaha jangkrik bukan hanya itu saja. Ketika anda merasa jijik untuk mengkonsumsinya, anda juga bisa menggunakannya untuk pakan ayam atau burung. Bagi mereka yang berkecimpung di dunia peternakan, pastilah ada yang menggunakan jangkrik sebagai makanan tambahan untuk ternaknya. Makanya, tak ada salahnya bukan jika anda mencoba ternak jangkrik di rumah. Yang terpenting, anda tahu dulu bagaimana cara beternak jangkrik yang paling mudah. Setelah itu, siapa tahu anda berminat untuk mencoba peluang usaha ternak jangkrik saat itu juga.

Beternak jangkrik yang mudah

Siapapun anda, asalkan anda memiliki niat dan mau berusaha, anda bisa dengan mudah cara beternak jangkrik. Menurut para peternak jangkrik yang sudah sukses, salah satu kunci sukses dalam ternak jangkrik adalah lokasi. Sedikit berbeda dengan ternak yang lain, ketika anda ingin mencoba beternak jangkrik, anda tidak membutuhkan lahan yang besar yang nantinya akan anda sulap menjadi kandang jangkrik. Anda yang tidak memiliki lahan yang luaspun, anda bisa menyulap ruangan kosong dalam rumah anda menjadi tepat tinggal untuk jangkrik-jangkrik anda.
Sekali lagi, lokasi yang anda pilih untuk ternak jangkrik sangat menentukan jangkrik yang anda hasilkan di kemudian hari. Makanya, sebelum anda membuat kandang jangkrik, terlebih dulu anda harus tahu lokasi yang pas untuk ternak jangkrik agar sukses dan menguntungkan. Jika lokasi sudah anda dapatkan, kandang jangkrikpun bisa anda buat dengan bahan-bahan yang sederhana yang tentunya tak membuat anda merogoh kocek dalam-dalam. Kandang untuk ternak jangkrik bisa anda buat dengan wadah telur ayam bekas. Tentunya wadah telur yang anda pilih harusnya yang masih utuh bukan yang sudah buntut.
Apa hanya wadah telur saja yang digunakan untuk kandang jangkrik? Tentu saja tidak, masih ada bahan-bahan lain yang digunakan untuk membuat kandang untuk jangkrik kesayangan anda. Bahan-bahan lain yang dibutuhkan antara lain: kotak yang terbuat dari triplek, bamboo, kardus, jaring ikan, plastic semacam terpal, dan juga botol aqua. Kira-kira jika semua bahan yang dibutuhkan sudah tersedia, bagaimana ya cara membuat kandang untuk ternak jangkrik? Jika anda sudah tak sabar ingin tahu bagaimana cara mudah untuk membuat kandang jangkrik, anda bisa menyimak informasi selengkapnya berikut ini.
Ternyata, untuk membuat tempat tinggal untuk jangkrik, anda hanya perlu membuat kotak dari triplek yang di atasnya diberi 2 penutup, yaitu jaring dan plastic. Tiap-tiap penutup tersebut memiliki fungsi yang berbeda, jaring sebagai alat untuk mencegah cecak masuk sedangkan plastic berfungsi untuk menjaga kelembapan kandang. Kemudian, dalam box tersebut diletakkan pula wadah telur yang fungsinya tempat telur-telur jangkrik ketika menetas nanti. Aqua, aqua bekas ini digunakan untuk kaki kandang jangkrik. Anda bisa mengisi aqua dengan oli agar semut tidak bisa masuk. Jika anda sudah berhasil membuat kandang, anda juga harus menyiapkan pakan jangkrik, seperti voor sebagai makanan pokok dan makanan tambahan seperti sawi putih, gambas, debog pisang jika jangkrik sudah berumur lebih dari 10 hari. Semoga informasi tentang ternak jangkrik di atas bermanfaat bagi para pembaca!
Description: ternak jangkrik akan bagus jika anda mampu menentukan lokasi yang pas untuk beternak jangkrik karena lokasi nantinya akan berpengaruh pada tumbuh kembang jangkrik.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput