Cara Ternak Itik Supaya Sukses



Jika anda sedang bingung mencari peluang usaha yang menguntungkan, mungkin ada bisa menjadikan itik sebagai solusinya. Hewan yang termasuk dalam kategori unggas ini memang banyak diminat oleh masyarakat. Banyak masyarakat yang sering mengkonsumsi daging dan telurnya sehingga tak ada salahnya jika anda mencoba untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan mencoba peluang ternak itik. Tentunya, agar bisnis rumahan yang anda jalankan berjalan dengan sukses, anda perlu mengetahui tips untuk membudidayakan itik agar sukses. Informasi selengkapnya berikut ini.


Tips beternak itik

Bisa dibilang ternak itik sangatlah menguntungkan karena banyak konsumen yang membutuhkannya untuk konsumsi sehari-hari, terutama telurnya. Jika anda berminat untuk ternak itik petelur, yang mesti anda siapkan terlebih dahulu adalah bibit itik. Jangan salah yang namanya itik ternyata tak hanya terdiri dari satu jenis saja, melainkan beberapa jenis sehingga anda sebagai peternak itik harus benar-benar bisa memilih bibit itik yang anda inginkan. Setidaknya, ada beberapa jenis itik yang sering dipilih untuk peternakan, antara lain: itik tegal, itik mojosari, itik alabio, itik asahan, dan ada juga itik persilangan.
Seperti yang anda sudah ketahui, yang namanya beternak, tentunya tak hanya membutuhkan bibit yang unggul saja. Anda yang sudah memutuskan untuk ternak itik, anda juga harus memperhatikan pakan itiknya. Ada beberapa pakan itik yang bisa membuat itik tumbuh dengan cepat, seperti jagung, dedek padi, bungkil kedelai, bungkil kelapa dan masih ada beberapa yang lainnya. Jika anda sudah mengetahui beberapa jenis pakan untuk itik, anda juga wajib tahu takaran pada saat memberi makan itik. Untuk itik yang masih berumur 1 sampai 2 minggu, anda bisa memberi makanan 60 gram per hari untuk satu ekor itik. Tentunya, 2 minggu sekali pakan pitik akan meningkat hingga pada umur 10 minggu, pakannya bisa mencapai 150 gram per hari per satu ekor itik.
Apa lagi ya kira-kira yang dibutuhkan ketika anda ingin beternak itik? Selain bibit dan juga pakan itik, anda juga harus menyiapkan tempat tinggal untuk itik. Perhatikan betul kandangnya karena kenyamanan itik akan menentukan itik bisa tumbuh dengan baik atau tidak. Ketika anda ingin ternak itik anda sukses, usahakan anda membuat kandang yang jauh dari keramaian karena keramaian akan membuat itik stress dan tidak bisa betelur dengan baik. Lokasi pembuatan kandang juga harus dekat dengan sumber air tetapi jangan terlalu dekat dengan tempat tinggal anda.
Jika anda sudah tahu lokasi yang tepat untuk membuat kandang itik, kini saatnya anda tahu bagaimana cara membuat kandang yang baik untuk itik-itik kesayangan anda. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kandang ternak itik seperti kerangka dari kayu atau bamboo, genteng sebagai atap kandang, pasir dan juga kapur. Kemudian, untuk masalah ukuran kandang, anda harus menyesuaikan dengan umur itik yang anda ternakkan. Setidaknya jika anda ingin beternak 100 ekor itik, anda harus membuat kandang dengan ukuran 1 sampai 2 meter. Kandang ukuran tersebut biasanya ditempati oleh itik yang baru lahir. Namun, jika itik umurnya sudah lebih dari 10 minggu, kandang yang anda buat seharusnya ukurannya 8 sampai 10 meter.
Tak hanya itu saja, anda juga wajib tahu tentang tata cara memelihara itik agar selalu sehat. Anda sebagai peternak yang baik harus membersihkan kandang setiap hari agar itik terhindar dari berbagai penyakit yang bisa membuat itik mati. Kemudian, jika anda ingin hasil ternak anda bagus, anda bisa meletakkan itik dengan perbandingan 1: 10 dengan jumlah betina yang lebih banyak tentunya. Agar memperoleh yang bagus, anda juga harus menerapkan tata cara pemeliharaan, mulai dari yang ekstensif (memelihara dengan cara berpindah-pindah) sampai intensif (memelihara dengan cara dikandang terus seperti ayam ras). Cukup simple bukan? Semoga informasi tentang ternak itik di atas bermanfaat bagi para pembaca!
Description: ternak itik akan sukses asalkan anda bisa memilih bibit yang unggul, memperhatikan pakan, lokasi kandang, pembuatan kandang, dan juga pemeliharaan itik.


Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput