Cara Ternak Cacing Yang Mudah Pake Ribet


Kini ternak cacing tanah sudah banyak digeluti oleh segelintir orang. Cara ternak cacing yang mudah dan hasil yang melimpah mampu mencetak pundi-pundi rupiah yang sangat fantastis. Untuk anda yang ingin memulai usaha ternak cacing alangkah baiknya mencermati cara ternak cacing yang akan kami sajikan di bawah ini.

Cara ternak cacing yang mudah

Cara ternak cacing yang pertama adalah menyiapkan media atau kandang untuk cacing. Buatlah kandang dari papan atau bahan lainnya yang dapat dibentuk selayaknya rak. Untuk kandang yang sederhana lagi, anda dapat membentuk kayu, papan, atau kaca menjadi kotak. Usahakan jangan sampai bocor agar nanti cacing tidak kabur. Gunakan media berupa tanah lumpur yang sudah dicampur dengan berbagai limbah cepat busuk. Media ini perlu mengalami fermentasi selama sebulan, kemudian anda dapat menambahkan kotoran hewan serta kapur selanjutnya mulailah memilih bibit berkualitas untuk cacing ternakkan anda. Sebenarnya bibit cacing dapat anda peroleh dari lingkungan sekitar, namun jika anda tidak menemukan saat ini bibit-bibit cacing sudah banyak diperjualbelikan secara bebas.


Cara ternak cacing yang paling penting adalah proses perawatan. Pada masa ini, anda harus rutin memberikan makan untuk cacing-cacing anda. Pakan cacing dapat berupa kotoran hewan. Pemberian pakan ini tidak bisa sembarangan, misalnya jika media pembudidayaan cacing beserta cacing anda memiliki berat total 2 kg, maka pakan yang diberikan juga harus seberat itu. Ada dua pilihan bentuk pakan yang dapat anda pilih, yang pertama berbentuk bubur dan yang kedua berbentuk bubuk. Media pembudidayaan cacing ini juga perlu sering diganti agar pertumbuhan cacing semakin cepat. Waktu penggantian biasanya dua minggu sekali. Cacing-cacing dapat dipanen setelah 3 bulan masa perawatan. Untuk memanen cacing, gunakan lampu atau sumber cahaya lain agar cacing dapat berkumpul di satu sis kemudian anda dapat mengambil cacing tersebut. And juga dapat membalik kandang agar cacing-cacing keluar dengan sendirinya.
Itu tadi beberapa cara ternak cacing yang mudah untuk anda praktekkan langsung di rumah. Tidak butuh keahlian khusus untuk membudidayakan cacing ini, hanya butuh sedikit modal dan kesungguhan hati untuk merawat cacing-cacing ini.
Deskripsi: cara ternak cacing sangat mudah diaplikasikan oleh siapa saja dan dimana saja, asalkan anda dapat memahami langkah-langkah dalam beternak cacing yang benar dan tepat.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput