Cara Tepat Penggemukan Ternak Itik Pedaging


Salah satu usaha yang sangat menguntungkan saat ini yaitu ternak itik pedaging. Saat ini permintaan konsumen terhadap daging unggas sangat meningkat dan dalam menjalankan ternak itik tentunya harus menggunakan pola organik yang baik agar dapat meningkatkan dan menghasilkan produk ternak yang sangat sehat dan dapat menguntungkan. Hal yang harus di perhatikan dalam menangani peternakan itik yaitu strategi untuk menghasilkan itik yang cepat besar dan siap jual atau siap potong. Hal ini tidaklah sulit karena ada beberapa tehnik untuk menggemukkan bebek secara cepat dan tentunya hal ini dapat membawa para peternak itik lebih sejahtera. Bagi anda yang penasaran dan ingin tahu bagaimana cara menggemukkan itik, simak informasi berikut ini.

Proses penggemukan itik

Tahap awal yang harus di perhatikan pada saat menjalankan ternak itik pedaging yaitu melakukan pemilihan bibit itik yang unggul yaitu pilihlah bibit itik dengan jenis kelamin jantan. Itik jantan mempunyai faktor yang lebih pada proses pertumbuhannya jika di bandingkan dengan itik betina dan harga bibit itik jantan juga lebih murah dari itik betina. Setelah melakukan pemilihan bibit maka selanjutnya siapkan kandang terbaik untuk itik pedaging. Buatlah kandang itik sesuai dengan anggaran yang ada dan bangun kandang dengan menggunakan desain panggung dan hadapkan kandang ke arah timur agar matahari terbit dapat langsung menghadap kandang.

Pada pembuatan kandang ternak itik pedaging ini, ada hal hal yang harus di perhatikan yaitu menjaga kebersihan kandang dan apabila kandang di desain dengan biasa dan tidak menggunakan panggung maka gunakan pasir, sekam, dan kapur sebagai landasan dasarnya. Kapur dapat membantu untuk menjaga atau mengatur ph tanah serta dapat mengendalikan berbagai penyakit yang timbul dan juga dapat menyerap kotoran itik dengan baik. Kotoran bebek ini juga dapat di manfaatkan untuk pembuatan bokasi atau pupuk organic.
Setelah semuanya telah di siapkan maka ternak itik pedaging siap untuk di jalankan dengan menggunakan strategi penggemukan itik. Hal yang perlu di perhatikan yaitu mengatur jumlah komposisi itik dengan seimbang. Agar pertumbuhan itik cepat bongsor maka kualitas gizi makanannya juga harus tinggi. Anda dapat membuat makanan itik sendiri yaitu dengan menggunakan bekicot kemudian di tambah dengan tepung cangkang lalu tambah juga dengan bahan jagung dan gunakan juga tepung ikan serta tepung bulu unggas. Campurkan semua bahan tersebut kemudian tambahkan juga dengan beberapa tumbuhan seperti daun papaya, daun mengkudu, batang pisang, sayuran dan berikan juga suplemen untuk menjaga kesehatan itik.
Deskripsi : ternak itik pedaging sangatlah mudah dan hal yang perlu di perhatikan yaitu pemilihan bibit itik yang unggul kemudian memperhatikan kandang yang sehat dan bersih serta memperhatikan komposisi makanan itik.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput