Cara Paling Mudah Ternak belut di drum


Belut, hewan yang sekilas mirip dengan ular ini bisa dijadikan sebagai usaha sampingan untuk anda. Tahukah anda bahwa peminat belut di pasaran semakin bertambah sehingga pasaran terkadang sampai kuwalahan memenuhi permintaan dari konsumen. Makanya jika anda sedang mencari usaha untuk menghasilkan uang tambahan, tak ada salahnya anda mengetahui cara ternak belut di drum. Dengan menggunakan media drum, anda bisa menghasilkan belut yang sehat yang bisa dijual di pasaran dengan harga yang cukup mahal.

Budidaya belut dalam drum

Mungkin ternak belut di drum masih terdengar asing di sebagian telinga masyarakat. Tetapi nyatanya banyak masyarakat yang sukses ketika mencoba membudidayakan belut dalam tong. Kuncinya selain kemauan dan kesabaran yang tinggi, anda juga harus memperhatikan betul media yang digunakan. Bagi mereka yang sudah sukses budidaya belut dalam drum, mereka mengatakan bahwa drum termasuk tempat yang awet untuk budidaya karena drum yang bisa menampung air sebanyak 200 liter tersebut bisa awet sampai 4 tahun.

Memang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk ternak belut di drum? Menurut orang yang sudah berpengalaman dalam budidaya belut setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 4 bulan untuk bisa menghasilkan belut yang berkualitas dan sesuai dengan keinginan pasar. Namun, kadang kala jika anda bisa melewati proses pemeliharaan belut dengan waktu relative cepat, anda sudah bisa memanen belut dalam waktu 3 bulan saja. Untuk bisa beternak belut di drum, tak hanya satu drum saja yang mesti anda persiapkan, tetapi sekitar 20 buah drum harus anda miliki.
Apakah hanya drum saja yang dibutuhkan ketika anda ingin mencoba budidaya belut dalam drum? Ada beberapa perlengkapan lain yang mesti anda persiapkan, seperti cat minyak, pipa pvc, campuran tanah yang sudah dimatangkan terlebih dahulu, serta tak lupa juga bibit belut. Jika anda sudah menyiapkan drum yang sudah diberi campuran tanah sebelumnya, anda bisa memasukkan 2 kg bibit belut dalam setiap drum. Kabarnya, setiap 2 kg bibit belut, kurang lebihnya bisa menghasilkan 160 sampai 200 ekor belut. Cukup menguntungkan bukan? Makanya, tak ada salahnya bukan jika anda mencoba ternak belut di drum untuk mendapatkan uang tambahan untuk keluarga? Selamat mencoba!
Description: ternak belut di drum akan berhasil jika anda mampu telaten dan mengikuti prosedur yang sudah dijelaskan oleh peternak belut yang sudah berpengalaman.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput