Cara Mudah Ternak Belut Dalam Tong


Siapa dari anda yang suka mengkonsumsi belut? Belut adalah salah satu hewan yang dikenal memiliki kadar protein yang tinggi sehingga banyak masyarakat yang memilihnya sebagai santapan sehari-hari. Saking banyaknya masyarakat yang menyukai belut, akhirnya banyak orang yang ingin mencoba peruntungan dengan beternak belut. Salah satu usaha belut yang kini sedang popular di kalangan masyarakat adalah ternak belut dalam tong. Yang menjadi pertanyaannya adalah apakah bisa anda membudidayakan belut hanya dalam tong? Jika anda penasaran, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Beternak belut dalam tong

Yang namanya tong apalagi tong bekas biasanya digunakan oleh pemiliknya untuk tempat sampah. Namun, mulai saat ini jika anda memiliki banyak tong di rumah, tak ada salahnya anda memanfaatkan tong menjadi wadah yang lebih bermanfaat yaitu sebagai tempat untuk ternak belut. Ternak belut dalam tong tentunya lebih menguntungkan buat anda. Selain anda bisa mengkonsumsi belut gratis, anda juga bisa menjualnya di pasaran sehingga anda bisa mendapatkan keuntungan lebih dari belut yang anda pelihara dalam tong.


Ketika anda mau mencoba ternak belut dalam tong, setidaknya anda sudah menyiapkan 20 tong untuk wadah belut. Tentunya tong tersebut tidak hanya tong kosong saja, tetapi anda juga harus mengisinya dengan beberapa campuran bahan lain selain air. Yang mesti anda persiapkan dalam tong yang ingin digunakan untuk beternak belut adalah jerami dengan tebal 50 cm yang diletakkan di bagian dasar tong. Kemudian, anda juga bisa meletakkan 1 liter mikroorganisme di atas jerami. Setelah itu tambah pula kompos dengan tinggi 5 cm dan lumpur kering yang sudah dicampur dengan tsp 5 kg dengan tinggi 5 cm.
Tentunya, tak hanya itu saja bahan-bahan yang dibutuhkan ketika anda ingin mencoba budidaya belut dalam tong. Jika anda sudah memberikan air di bagian paling atas dengan tinggi kira-kira 15 cm, anda juga sebaiknya memberikan tanaman eceng gondok karena tanaman tersebut adalah salah satu kunci sukses ternak belut dalam tong. Bukankah yang namanya belut sangat suka dengan tanaman eceng gondok? Makanya, setidaknya anda memberikan tanaman eceng gondok di bagian paling atas tong dengan luas sekitar ¾ bagian drum. Dengan begitu belut bisa leluasa bersembunyi di tanaman eceng gondok. Untuk masalah bibit, kira-kira anda bisa menaruh 2 kg bibit per tongnya. Bibit belut sebanyak 2 kg tersebut bisa menghasilkan belut dalam jumlah sekitar 200 ekor. Selamat mencoba ya!
Description: ternak belut dalam tong bisa menguntungkan buat anda karena proses beternaknya tidak ribet dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput