Cara Mudah Membuat Kandang Ternak Jangkrik


Ternak jangkrik menjadi salah satu profesi yang kini digeluti oleh banyak orang. Peluang usaha membudidayakan jangkrik ini dinilai memiliki pangsa pasar yang luas. Jangkrik merupakan salah satu makanan burung yang sangat bergizi, sehingga para pecinta burung akan mencari jangkrik demi memberi makan burung kesayangannya.
Untuk itu ternak jangkrik memiliki peluang yang cukup menjanjikan. Namun sebelum mengembangkan ternak jangkrik, anda perlu mempersiapkan segala peralatan untuk beternak terutama kandang untuk jangkrik-jangkrik anda. Nah agar anda tidak bingung dalam membuat kandang ternak jangkrik, ikutilah beberapa langkah yang kami sajikan di bawah ini.

Membuat kandang jangkrik yang simple

Pertama-tama, desainlah kandang ternak jangkrik yang ingin anda buat. Biasanya kandang jangkrik berbentuk persegi panjang dengan bahan utama berupa triplek atau kayu jenis sengon. Ukuran standar untuk kandang jangkrik biasanya 100 x 60 x 35 cm. Setelah itu tambahkan kaki-kaki untuk kandang sepanjang 10 cm untuk setiap sudutnya. Kotak dibuat dengan tutup yang dapat dibuka di bagian atasnya. Tambahkan pula beberapa ventilasi yang dipasangi kasa agar jangkrik tidak lari keluar. Ukuran ventilasi dapat bervariasi misalnya 50 x 7 cm, sedangkan peletakkannya biasanya di depan dan belakang kandang. Pada kaki-kaki kandang, berilah oli atau cairan lain yang mampu menghalangi datangnya semut. Semut ini sangat mengganggu pertumbuhan jangkrik sehingga perlu dihindari. Jangkrik dapat tumbuh dengan baik, usahakan kandang menyerupai habitat aslinya. Caranya mudah, ambil lumpur sawah secukupnya, kemudian oles-oleskanlah pada permukaan dalam kandang.


Kandang ternak jangkrik sebenarnya dapat divariasikan, misalnya dengan membuat kandang tingkat. Anda tinggal menyesuaikan kebutuhan, jika anda memang tidak mempunyai lahan, anda dapat membuat kandang tingkat dua atau tiga. Kondisi kandang jangkrik harus selalu gelap, sebab habitat alami jangkrik adalah suasana gelap.
Membuat kandang ternak jangkrik memang sebenarnya mudah sekali. Namun yang paling penting adalah memperhatikan suasana yang pas untuk jangkrik, memastikan udara yang didapat jangkrik cukup serta melindungi jangkrik dari predator alaminya. Anda juga harus memperhatikan ketersediaan makan di dalam kandang jangkrik.
Deskripsi: kandang ternak jangkrik dapat dibuat dengan desain yang simple. Caranya dengan membuat kotak dari triplek yang didesain menyerupai habitat asli jangkrik.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput