Home / cacing / peternakan / Cara Membuat Media Untuk Ternak Cacing Lumbricus Rubellus

Cara Membuat Media Untuk Ternak Cacing Lumbricus Rubellus


Bagi anda yang ingin sukses dalam membudidayakan cacing lumbricus rubellus maka ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan, salah satunya adalah media tempat untuk membudidayakan cacing tanah. Media sebagai sara hidup untuk cacing tanah biasanya terbuat dari beragam jenis bahan,
misalnya dari sampah organik seperti jerami padi, debog pisang, grajen maupun sisa limbah dari budidaya jamur tiram dan lain sebagainya. Untuk membuat media ternak cacing lumbricus ini sangat mudah, bagi anda yang penasaran ingin tahu cara membuat media yang bagus untuk ternak cacing lumbricus ini, simak panduan cara membuatnya berikut ini.


Cara membuat media ternak cacing lumbricus

Untuk membuat media ternak cacing lumbricus sangat mudah, pertama siapkan bahan untuk membuat media, bisa dengan menggunakan limbah kandang seperti kotoran sapi maupun sampah organik misalnya grajen, sisa pada jamur tiram, jerami padi, dan yang lainnya. Langkah selanjutnya busukkan media dengan bantuan bakteri misalnya menggunakan tetes tebu ke media tersebut. Langkah selanjutnya tutup menggunakan terpal supaya mempercepat proses penguraian terhadap bakteri pada media dengan kandungan senyawa yang bagus untuk pertumbuhan cacing lumbricus.
Untuk membuat media ternak cacing lumbricus prosesnya memerlukan waktu 1 sampai 7 hari tergantung pada kwalitas media yang diolah menggunakan proses fermentasi. Dan untuk media kotoran sapi akan memerlukan waktu 3 sampai 7 hari. Sedangkan jika menggunakan media grajen akan membutuhkan waktu 3 hari. Jika ingin prosesnya cepat sebaiknya gunakan saja limbah jamur tiram, cukup didiamkan lalu ditutup selama 1 hingga 2 hari, dan sebenarnya tanpa melalui proses fermentasi juga sudah bisa dan sangat layak untuk media hidup cacing lumbricus yang dibudidayakan.
Dalam membuat media ternak cacing lumbricus pastikan juga media hidup cacing lumbricus yang akan digunakan untuk membudidayakan cacing lumbricus tersebut mempunyai PH sejuk. Jika belum terlalu mengetahui ukuran sebaiknya menggunakan alat pengukur PH. Demikian sedikit informasi yang bisa kami berikan mengenai cara pembuatan media untuk budidaya cacing lumbricus ini, semoga berkenan dan bisa bermanfaat, terimakasih.
Deskripsi: ternak cacing lumbricus sebenarnya tidak terlalu sulit, agar budidaya cacing lumbricus yang dilakukan berhasil maka faktor media hidup dari cacing lumbricus ini sangat perlu untuk diperhatikan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.