Home / kambing / peternakan / Cara Budidaya Ternak Kambing Gibas

Cara Budidaya Ternak Kambing Gibas

Ternak kambing gibas kini mulai diminati banyak orang, terutama bagi mereka yang lebih gemar beternak daripada bekerja di sebuah kantor atau perusahaan. Untuk beternak kambing dan terutama jenis kambing gibas potensinya masih sangat bagus untuk kita jadikan peluang usaha.



Dengan cara pengelolaan secara profesional, hasil yang akan didapatkan juga akan maksimal. Agar para peternak dapat mengolah ternak lebih maksimal, banyak perusahaan yang bergerak di bidang agrokomplek ikut mendukung dalam bidang ternak ini. Para perusahaan yang mendukung giat menggelar pelatihan ternak kambing dan mengeluarkan produk untuk nutrisi ternak berkualitas tinggi untuk mendukung keberhasilan ternak.

Tips membudidayakan ternak kambing gibas

Banyak hal yang perlu diperhatikan bagi anda yang ingin ternak kambing gibas agar hasil ternak lebih maksimal. Hal utama yang harus anda perhatikan adalah tentang pembuatan kandang. Pembuatan kandang bagi ternak kambing gibas lebih baik yang berbentuk tradisional, agar pemberian makannya lebih mudah. Selain itu, ruang gerak kambing lebih luas serta tempat penampungan kotoran lebih mudah dikumpulkan dan diberikan. Pembuatan kandang yang ideal adalah dengan ukuran 3 x 1,5meter untuk 10 ekor kambing. Pemilihan bibit untuk diternak juga tak kalah penting, karena pemilihan bibit sangat menentukan keberhasilan anda dalam membudidaya ternak kambing.

Dalam hal pembuatan pakan, sebaiknya anda gunakan fermentasi pakan ternak kambing. Dengan pengolahan pakan dari limbah di sekitar juga sangat membantu kebersihan lingkungan. Pemberian pakan dari fermentasi dan pemberian suplemen yang tepat akan membuat perkembangan kambing gibas lebih bagus. Dan untuk mendukung kesehatan dalam ternak kambing gibas sebaiknya nutrisinya perlu terpenuhi. Makanan dan suplemen yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan nutrisi pada kambing itu sendiri.

Dan terakhir adalah tips dalam ternak kambing gibas adalah pemilihan bibit. Memilih bibit kambing gibas yang baik untuk dijadikan ternak adalah ekornya gemuk, usianya minimal 6 bulan. Dengan usia 6 bulan ini, ternak kambing mempunyai tubuh yang sudah siap untuk pembentukan daging sehingga akan membuat kambing lebih mudah untuk digemukkan dan diternak. Dan jika anda memilih kambing gibas dengan ekor gemuk, hasilnya akan lebih maksimal dan penggemukan bisa dilakukan dalam waktu yang cukup singkat yaitu sekitar 3 bulan. Demikian tips yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

Description: ternak kambing gibas sangat merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan bagi anda yang ingin berternak kambing. Pemilihan bibit yang baik adalah faktor utama dalam beternak. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.