Cara Awal Ternak Lele Kolam Terpal


Bisnis kembang biak lele memang semakin menarik perhatian banyak orang. Dengan modal yang kecil, perawatan yang mudah tetapi dapat menghasilkan keuntungan yang sangat besar sekali. Ada beberapa jenis kolam yang biasakan digunakan untuk berternak lele. Ada kolam tembok kolam tanah, kolam terpal dan masih banyak lainnya. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan beberapa hal yang harus diperhatikan dan siapkan jika ingin melakukan ternak lele kolam terpal. Ada harus memperhatikan tekniknya supaya bisa menghasilkan ikan lele yang melimpah.

Kontruksi Kolam Terpal

Ketika ingin membuat ternak lele kolam terpal adalah dengan membersihkan terpalnya terlebih dahulu. Cuci bagian dalam terpal dengan menggunakan sabun sampai bersih, supaya bau lem dan plastik sedikit hilang. Setelah itu jemur terpal selama 1 hari. Jika sudah anda bisa mengisinya dengan air sebanyak 20 cm. Diamkan kolam terpal ini selama satu minggu, untuk menumbuhkan lumut pada dasar kolam. Tambahkan air sebanyak 80 cm dan isi dengan bibit ikan lele yang akan diternakan. Jangan lupa untuk memberikan dedaunan seperti daun singkong, pepaya dan lain sebagainya supaya air berwarna hijau. Ini akan membantu tumbuh kembang lele semakin baik.


Pemilihan Dan Penebaran Bibit Unggul

Setelah kolam untuk ternak lele kolam terpal sudah siap, anda bisa beralih ke benih atau bibitnya. Pilihlah bibit yang berkualitas unggul. Pilihlah lele yang agresif, memiliki warna yang cerah dan dapat melakukan oksigenasi dengan baik. anda bisa memasukan 1000 benih lele dalam kolam yang berukuran 2 m x 1 m x 1m. Bibit yang baru saja dibeli jangan langsung dimasukan ke dalam kolam. Tetapi harus masuk tahap perendaman terlebih dahulu. Ini supaya ikan lele bisa beradaptasi terlebih dahulu.
Selain dua hal diatas, anda juga harus memperhatikan kualitas air, kedalaman air, kejernihan air dan masih banyak lainnya. Untuk pakannya minimal diberikan 3 kali dalam sehari yaitu pada pukul 7 pagi, 5 sore dan 10 malam. Jika kebutuhan pakannya kurang, anda bisa menambahkanya menjadi 4 kali dalam sehari. Pemberian makan lebih baik jangan berlebihan, karena akan menimbulkan berbagai jenis penyakit. Sekian sedikit artikel mengenai ternak lele kolam terpal. Semoga bermanfaat.
Description: ternak lele kolam terpal mempunyai banyak sekali keuntungan salah satunya tidak mudah di serang oleh hama.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput