Budidaya Belut Tanpa Lumpur

Bisnis sampingan memang banyak sekali jenisnya, salah satu usaha sampingan menjanjikan yang bisa anda coba adalah budidaya belut tanpa lumpur. Ya, tentunya anda agak sedikit kaget mendengar belut hidup di dalam air bersih karena habitat belut adalah di dalam lumpur. Tapi inilah kenyataanya, perkembangan ilmu di bidang usaha peternakan kini semakin maju dan pastinya mempermudah pelakunya. Dan kabar baiknya permintaan akan belut di pasaran juga lumayan tinggi, apalagi kini dunia kuliner semakin ramai dengan berbagai jenis masakan yang khas dan unik misalnya keripik belut, rendang belut goreng, dan lain-lain.


Cara budidaya belut tanpa lumpur

Nah untuk memulai usaha budidaya belut tanpa lumpur ini, hal yang perlu anda siapkan adalah drum, air bersih, jerami dan kompos. Setelah anda mendapatkan berbagai sarana yang dibutuhkan, anda bisa mulai memilih bibit belut. Jika di lingkungan anda masih ada pencari belut dengan cara tradisional, sebaiknya anda beli belut tersebut sebagai bibit. Karena kualitas belut akan lebih terjaga dengan cara penangkapan tradisional. Berbeda dengan belut yang ditangkap dengan cara disetrum, belut akan cenderung stress dan tidak sehat. Jadi agar ternak belut air bersih anda sukses, anda harus memilih bibit yang bagus dan sehat.
Untuk selanjutnya anda harus mengerti cara penebaran bibit belut yang akan anda kembang biakan. Karena metode penebaran bibit pada budidaya belut tanpa lumpur berbeda dengan penebaran bibit pada jenis-jenis ikan seperti lele, braskap, gurame dan lainnya. Penebaran bibit pada usaha ternak belut air perlu anda seimbangkan dengan drum yang ada. Karena penebaran bibit yang tidak terkontrol akan mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan belut itu sendiri.
Dan yang terakhir anda juga harus memperhatikan pakan dalam budidaya belut tanpa lumpur ini. Karena pakan merupakan salah satu faktor penting yang akan mempengaruhi usaha ternak belut yang anda jalankan, terutama pada perkembangan dan pertumbuhan belut. Dalam pemberian pakan usahakan memberi pakan yang disukai belut, dan dengan ukuran yang seimbang dengan jumlah belut. Karena jika anda terlalu banyak dalam memberi pakan maka air akan cepat keruh karena banyak sisa-sisa makanan yang tidak temakan. Tapi jika anda terlalu sedikit dalam pemberian makan maka belut akan menjadi kanibal. Jadi berilah pakan yang secukupnya saja.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput