Belajar Cara Ternak Puyuh Yang Mudah


Beternak burung puyuh memang mampu menghasilkan keuntungan yang menggiurkan. Bagaimana tidak, telur puyuh yang dihasilkan oleh burung yang satu ini sangat disukai oleh masyarakat. Cara ternak puyuh ini pun tidak terlalu sulit. Memang ada hal-hal khusus yang harus diperhatikan ketika anda memutuskan hendak menjadikan burung puyuh sebagai hewan ternak. Sebagai orang yang baru merintis usaha ternak puyuh, pelajarilah beberapa hal di bawah ini agar usaha anda dapat berjalan lancar dan tidak cepat gulung tikar.

Cara ternak puyuh yang mudah dipraktekkan

Sebagai peternak pemula, hal pertama yang harus anda ketahui adalah menentukan lokasi atau kandang puyuh. Pilih tempat yang tidak lembab dan alangkah lebih baiknya jauh dari tempat-tempat yang bising. Sebab suasana gaduh dapat membuat puyuh stress. Atur juga sirkulasi udara kandang puyuh anda agar kualitas udara dalam kandang tetap terjamin kesehatannya. Meskipun cara ternak puyuh ini sangat gampang, anda tetap perlu merawat puyuh dengan baik sehingga kesehatan puyuh terjaga dan telur yang dihasilkan melimpah. Langkah selanjutnya adalah membuat kandang untuk puyuh. Ada beberapa kandang yang harus anda buat, yakni kandang induk petelur, kandang induk pembibitan, kandang anak puyuh starter, dan kandang puyuh grower.


Cara ternak puyuh yang selanjutnya juga perlu diperhatikan adalah memilih jenis puyuh yang akan diternak. Sebab ada setiap peternak puyuh memiliki tujuan tertentu dalam membudidayakan puyuh. Ada yang ingin menghasilkan telur puyuh, ada yang ingin menghasilkan daging puyuh, atau ternak puyuh untuk menghasilkan bibit-bibit puyuh baru. Setelah itu lanjutkan dengan melakukan perawatan yang benar pada puyuh. Perawatan ini berupa pemberian pakan yang benar dan tepat, pencegahan terhadap penyakit yang dapat menyerang puyuh dan penanganan yang harus dilakukan ketika puyuh terserang penyakit. Untuk masa pemanenan telur puyuh dapat dilakukan setiap hari ketika puyuh sudah memasuki masa panen. Selain dari telurnya, anda juga dapat mendapatkan penghasilan tambahan dari kotoran burung puyuh yang dapat diolah menjadi pupuk.
Anda tertarik untuk menjadi salah satu peternak puyuh? Mulailah dengan mempelajari beberapa cara ternak puyuh yang kami sajikan dan dilanjutkan dengan praktek secara langsung. Selamat mencoba menjadi peternak puyuh.

Deskripsi: cara ternak puyuh harus dipelajari terlebih dahulu sebelum memulai menjadi peternak puyuh. Perhatikan seluk beluk terkait burung puyuh agar budidaya puyuh dapat menuai kesuksesan.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput