Alternatif Pakan Ternak Bebek Yang Lebih Murah


Memiliki usaha peternakan pastinya akan berhubungan dengan pakan hewan yang diternak. Sama halnya dengan memelihara bebek pedaging maupun bebek petelur, maka anda akan sangat membutuhkan pakan, apalagi jika peternakan anda mencapai ribuan ekor tentunya akan menguras kantong dalam menyediakan makanan. Bagi anda yang memiliki keinginan mengganti pakan ternak bebek dari pabrikan ke pakan alternatif, anda dapat simak ulasan berikut.

Cara membuat pakan alternatif untuk ternak bebek

Membuat pakan ternak bebek alternatif memiliki beberapa kelebihan, salah satunya adalah untuk menghemat biaya perawatan hewan ternak, karena perawatan makanan sudah dibuat sendiri menggunakan bahan yang mudah didapatkan pula. Mengenai kandungan gizi pada pakan alternatif bebek juga tidak kalah dengan pakan dari pabrikan jika anda menggunakan bahan yang mengandung gizi yang dibutuhkan oleh bebek. Namun, anda perlu mengetahui bahwa pemberian makan pada bebek tidak dapat disamaratakan pada semua bebek. Terdapat beberapa fase pertumbuhan bebek dengan intensitas pemberian makan yang berbeda dan kadar gizi yang juga berbeda.


Memberikan pakan ternak bebek alternatif sebaiknya diberikan kepada bebek usia 1 hingga 14 hari dengan pakan yang banyak mengandung nutrisi seperti, vitamin, mineral, serat, protein, dan karbohidrat. Dalam usia perkembangan ini, nutrisi yang tinggi sangat dibutuhkan untuk menjaga sistem pertahanan tubuh dari berbagai penyakit yang sering menyerang pada usia ini. Usia perkembangan lainnya adalah usia 15 hingga 35 hari membutuhkan lebih banyak energi. Dan pada usia perkembangan memasuki umur 36 sampai 60 hari akan jauh membutuhkan kandungan vitamin serta mineral pada pakan mereka.
Bahan yang bisa digunakan sebagai alternatif pakan ternak bebek adalah bekatul, jagung, daun pepaya, daun mengkudu, daun kangkung, menir, aking, dan tepung singkong. Cara pembuatannya dengan mencampurkan semua bahan menjadi satu kemudian ditambah dengan air hangat, jangan lupa untuk daun pepaya dan daun mengkudu diiris halus dan kemudian direbus sebentar baru dicampurkan dengan bahan lainnya. Anda dapat menambah vaksin pada makanan untuk menjaga kesehatan bebek.
Description: pakan ternak bebek haruslah dipilih dari bahan yang mudah didapatkan dan memiliki kandungan gizi yang seimbang untuk menghemat pengeluaran pada pengelolaan pakan ternak.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput